Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Error

Memperbaiki Keyboard Laptop Error - Keyboard laptop ialah media untuk kita menulis atau mengerjakan tugas, juga bisa untuk bermain game. Dengan keyboard urusan ketik-mengetik bisa menjadi mudah, tapi kadang keyboard tidak berjalan seperti biasanya.

Ada banyak tombol yang tidak bisa di tekan atau mungkin tidak tampil di monitor saat ditekan. Nah jika ini terjadi, berarti keyboard laptop mengalami error.
Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Error
Di kesempatan ini admin akan bagikan cara melakukan perbaikan keyboard yang error dengan mudah. Tetapi sebelum itu, mari kita lihat dulu apa sebab-sebab keyboard laptop/notebook bisa error atau rusak.

- Keyboard terkena air
- Keyboard error karena debu
- Keyboard error karena user

Kerusakan keyboard yang dikarenakan beberapa fakta di atas akan membuat beberapa tombol tidak berfungsi atau keyboard error dengan bergerak sendiri seperti ada yang menekan. Ini dikarekan lapisan karbon pada flexible keyboard kotor atau ada jamur sehingga tombol bisa menekan sendiri, atau justru tidak bisa dipakai sama sekali.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error Dengan Mudah 


Tanda-tanda ada keyboard yang error ialah saat laptop dinyalakan terdengar bunyi beep berulang-ulang. Tanda-tanda lain ialah saat laptop sudah menyala, dan kita mulai menulis, ada tombol yang mengetik sendiri, seperti ada yang menekan. Tombol ini menulis terus, sampai tidak berhenti sampai kita menekan tombol lain.

Setelah tahu penyebab keyboard laptop error mari kita lanjut cara memperbaikinya. Cara ini telah diterapkan pada beberapa merek laptop sesuai dengan pengalaman admin.
  • Sediakan cutter kecil, atau obeng min yang sangat kecil 
  • Kuas pembersih serta cairan WD yang biasa dipakai untuk membersihkan karbon pada mobil. 
  • Cek terlebih dulu keyboard mana yang error 
  • Lepas kan keyboard dari laptop, dengan melepas kabel penghubung keyboard yang terdapat tepat di bawah keyboard. 
  • Ambil tombol yang error tadi memakai tangan kosong, yakni dengan mencungkil keyboard dengan hati-hati. 
  • Bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada keyboard error tadi memakai kuas. 
  • Setelah dibersihkan dengan kuas, lantas semprotkan cairan WD pada lapisan karet tombol yang error, jangan kebanyakan. 
  • Selanjutnya Jemurlah keyboard di bawah sinar matahari langsung, supaya cepat mengeringkan cairan yang melekat pada keyboard error tadi. 
  • Setelah keyboard kering, maka pasang kembali tombol yang error. 
  • Pasangkan kabel penghubung keyboard pada laptop. 
  • Silahkan hidupkan laptop. jika tidak terdengar bunyi beep, maka insya Allah keyboard bisa dipakai. 
  • Jika keyboard masih error alias tidak dapat dipakai walaupun telah disemprotkan cairan WD. Maka langkah efektifnya ialah dengan mengganti dengan yang baru. 
  • Cara ini seringkali admin lakukan, Memang tidak 100% tombol yang error bisa diperbaiki memakai cairan WD. tapi banyak tombol yang error bisa kembali berfungsi. 
Demikian Cara Melakukan perbaikan Keyboard Laptop Error dengan mudah. Cara ini admin aplikasikan pada beberapa jenis laptop yang berbeda, serta merek yang berbeda juga.

Hanya tingkat kesulitan saat membuka/melepas kabel keyboard dari laptop karena jenis laptop dan merek tidak sama dan cara pemasangan keyboard dari perusahaan pembuat tersebut berbeda pula. Ada keyboard yang bisa dilepaskan dengan obeng min atau cutter dengan mencungkil pengait di luar, ada juga jenis keyboard hanya bisa dilepaskan dengan membuka keseluruhan laptop. Mudah-mudahan cara ini bermanfaat.