10 Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Terbaik 2020

Masterkids SEO - Desain Rumah Minimalis Satu Lantai - Salah satu yang menjadi permasalahan dalam desain rumah minimalis satu lantai adalah bagaimana menata agar ruangan tidak terasa penuh dan sesak. Menghadirkan suasana ruang yang terasa lapang dan luas akan memerlukan ruang penyimpanan (storage). Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan ruang sisa.

Selain ruang sisa, bagian rongga furniture yang kosong bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan. Misalnya bagian bawah meja atau bagian bawah tempat tidur bisa digunakan sebagai rak buku.

Faktor desain rumah minimalis satu lantai
Desain Rumah Minimalis Satu Lantai
Merancang rumah sesuai dengan keinginan sendiri merupakan sebuah keharusan dalam membangun istana sendiri. Apalagi yang Anda inginkan adalah desain rumah minimalis satu lantai. Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, ternyata merancang desain rumah minimalis ternyata tingkat kesulitannya lebih tinggi dari tipe rumah biasa.

Berikut ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam merancang rumah minimalis.

Faktor Cahaya
Desain Rumah Minimalis Satu Lantai
Hal penting lainnya dalam desain rumah minimalis satu lantai adalah jendela-jendela dibuat bukan yang lebar, agar dapat mengoptimalkan view yang menarik dan cahaya matahari yang berlimpah. Selain ruangan menjadi lebih lapang, cahaya matahari yang masuk dapat menjangkau ke setiap sudut rumah dengan leluasa.

Dapur misalnya, kitchen set dengan bentuk “U” digunakan untuk memaksimalkan area penyimpanan di setiap bidang dinding dapur. Akan tetapi, pada bidang dinding yang terdapat bukaan jendela, hanya dipasang cabinet bagian bawah agar cahaya matahari dapat masuk melimpah.

Faktor Warna
Pilihan warna juga menjadi bagian dalam desain rumah minimalis satu lantai. Gaya interior simpel minimalis tak dapat dilepaskan dari warna netral, yaitu hitam, putih, gradasi abu-abu. Saat dibutuhkan warna kontras, umumnya dimunculkan warna merah, agar selaras dengan kesan tegas dari bentuk-bentuk geometri pada furnitur ataupun elemen interior lainnya.

Aksen merah dapat dimunculkan pada salah satu bidang dinding atau furnitur pelengkap ruang, misalnya pada karpet, gorden maupun pelapis kursi. Ruang keluarga misalnya, warna kontras merah dapat dihadirkan pada satu bidang dinding di ruang keluarga.

Faktor Akses Horizontal
Desain Rumah Minimalis Satu Lantai
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan kesan lapang dalam desain rumah minimalis satu lantai. Salah satunya dengan memberikan sentuhan aksen horizontal pada furnitur. Akses horizontal dapat memberi kesan visual lebih luas, karena efek ilusi optis yang memberi kesan melebar.

Akses horizontal ini dapat dihadirkan antara lain melalui motif garis-garis pada dinding, komposisi wall artyang cenderung horizontal. Cara lainnya adalah dengan memilih bentuk furnitur yang cenderung melebar ke samping dengan ketinggian rendah.

Ruang tamu misalnya, memilih bentuk meja dan sofa tanpa lengan dengan dudukan rendah sehingga terkesan melebar. Hal lainnya adalahwall artdi dinding kaca berupa bingkai-bingkai kayu yang disusun dalam komposisi horizontal.

Furniture mempengaruhi style rumah

Jangan sampai Anda keliru memilih furniture sehingga memenuhi ruangan sehingga kesannya menjadi sesak dan akhirnya tujuan membangun rumah minimalis gagal karena salah memilih furniture. Oleh karena itu diperlukan konsep yang jelas ketika merancang rumah minimalis modern.

Tahap mencari mebel harus dipilih sesuai dengan konsep dasarnya, agar lebih puas sebaiknya Anda order saja kepada tukang mebel. Manfaat pesan atau membikin sendiri, anda bisa memilih sesuka hati material yang diinginkan, apakah dari kayu atau dari playwood. Kalau perlu Anda mendesain sendiri mebel yang diinginkan. Dengan ukuran mebel yang sudah disesuaikan dengan ruangan-ruangan yang ada.

Berikut 10 Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Terbaik 2020

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai
jasa desain rumah minimalis

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai
Demikianlah sedikit ulasan tentang bagimana cara mendesain rumah minimalis satu lantai. Semoga bisa menginspirasikan Anda untuk membangun rumah minimalis satu lantai.