Mitos Nanas dan Keguguran Bagi Wanita Hamil

Mitos Nanas dan Keguguran Bagi Wanita Hamil - Nanas penyebab keguguran bagi wanita hamil. Demikian mitos yang tertanam kuat di benak masyarakat. Khususnya bagi mereka yang memiliki keluarga dan sedang dalam keadaan hamil. Baik itu istri, anak maupun, saudara perempuannya.

Anggapan bahwa nanas penyebab keguguran bahkan telah melekat pada hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk kalangan menengah atas yang notabene memiliki pendidikan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Menurut mitos, nanas merupakan buah yang mengandung zat yang keras sehingga bisa memicu kontraksi dan kelainan pada janin. Oleh karena itulah banyak orang yang hendak melakukan aborsi dengan memakan nanas muda saat janin baru berumur satu atau dua bulan.

Mitos dan Ilmiah Seputar Nanas


Pastilah begitu banyak pesan dan larangan terkait konsumsi buah nanas. Padahal secara ilmiah belum ada penelitian yang mampu membuktikan kebenaran mitos bahwa nanas penyebab keguguran.

Hanya saja, memang ada kandungan dalam nanas, khususnya nanas muda yang bisa berpotensi memunculkan kontraksi pada kandungan ibu hamil. Nanas muda memunculkan sifat antelmintik dan abortivum. Inilah yang dihindari oleh para ibu hamil.
Mitos Nanas dan Keguguran Bagi Wanita Hamil
Adanya kontraksi ketika kandungan masih lemah, memang bisa menyebabkan keguguran. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa keguguran yang dialami sang ibu semata-mata diakibatkan oleh konsumsi nanas muda.

Keguguran juga bisa disebabkan oleh lemahnya kandungan yang dimiliki oleh sang ibu sehingga ia tidak mampu menahan kontraksi yang terjadi setelah makan makanan tertentu, termasuk makan buah nanas.

Mitos nanas penyebab keguguran juga diawali dengan adanya kemungkinan air dalam buah nanas yang bisa memicu penyakit keputihan pada perempuan sehingga dari informasi awal ini, kemudian masyarakat sering menghubungkannya dengan informasi lain yang terkadang tidak didasari penelitian ilmiah.

Padahal, buah nanas sebenarnya mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan pada ibu hamil yang mengalami masalah konstipasi atau sembelit, buah nanas juga bisa menjadi salah satu solusi untuk melancarkan saluran pencernaan.

Konsumsi buah nanas satu atau dua potong kecil saja cukup untuk membuat saluran pencernaan ibu hamil kembali baik. Namun, jika baru memakan satu potong saja perut ibu sudah mengalami mulas-mulas dan kontraksi, itu tandanya sang ibu tidak memiliki kekuatan yang baik untuk mengonsumsi buah nanas.

Jika sudah begitu, barulah ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu terjadinya mulas dan kontraksi, seperti makan makanan pedas, dan buah nanas.

Untuk menghindari nanas penyebab keguguran, ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah tersebut apabila sudah dimasak bersama bahan lainnya. Misalnya saja dicampur pada semur daging atau sayur-sayuran yang lain.

Campuran seperti itu akan meminimalisasi efek nanas penyebab keguguran sehingga ibu hamil yang menyukai buah nanas tetap bisa menikmati buah tersebut walaupun sedang hamil.

Kandungan dalam Nanas

nanas dan ibu hamil
Pada dasarnya, nanas bukanlah sebuah buah yang layak untuk ditakuti apalagi dianggap sebagai penyebab keguguran sebab di dalam buahnya yang kuning ini terkandung beragam potensi vitamin yang baik untuk kesehatan. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan yang mampu membunuh sel kanker.

Jadi, jika sewaktu-waktu Anda menemukan orang tua berkata bahwa nanas penyebab keguguran, katakan saja pada mereka bahwa buah tersebut justru berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Vitamin A dan C juga banyak terdapat dalam buah nanas. Selain itu, nanas juga bermanfaat untuk mencegah radang serta membantu pencernaan di lambung.  Bagi orang yang mengalami gangguan buang air besar, makan buah nanas akan membantu melancarkan system pencernaa sebab kandungan serat buah nanas sangat tinggi.

Akan tetapi, konsumsi buah nanas yang berlebihan juga bisa menimbulkan sakit perut dan buang air besar seperti diare. Selain itu, lidah juga akan terasa kasar dan kesat apabila kita mengonsumsi buah tersebut secara berlebihan.

Dari berbagai manfaat tersebut, kiranya mitos tentang bahaya buah nanas penyebab keguguran bagi ibu hamil tidak perlu sepenuhnya ditakuti. Namun perlu diingat juga, bahwa untuk usia kandungan yang masih dini sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah nanas.

Hal ini mengingat usia kandungan yang masih sangat lemah dan belum terlalu mampu bertahan atas zat-zat yang bersifat melarutkan seperti yang terkandung dalam buah nanas tersebut.

Hanya, yang perlu diperhatikan adalah tentang jumlah atau kadar buah yang dikonsumsi. Jangan sampai karena mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh, lantas kita mengonsumsi buah nanas tanpa kontrol.

Sekadar mencicipi sedikit, kiranya tak ada salahnya. Yang paling penting adalah kondisi tubuh dan janin harus diyakinkan dalam kondisi sehat dan kuat.

Manfaat Nanas pada Ibu Hamil


Jika sudah mengetahui kandungan gizi yang etrdapat dalam buah nanas, Anda juga perlu tahu manfaat dari kandungan yang terdapat dalam buah tersebut bagi ibu hamil karena buah nanas juga sama pentingnya dengan buah lain saat ibu mengalami proses kehamilan.

Selama masa kehamilan, ibu hamil sering mendapatkan masalah kecil berupa nyeri badan dan sebaginya sehingga ibu hamil membutuhkan asupan yang lengkap dan baik bagi kesehatan tubuh ibu dan janin.

Salah satu masalah yang terjadi saat kehamilan berlangsung adalah munculnya rasa nyeri di bagian ulu hati. Hal tersebut disebabkan oleh adanya sebagian kecil isi lambung yang naik ke pangkal kerongkongan melewati ulu hati.

Rasa sakit tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena hal itu memang biasa terjadi saat kehamilan. Solusi yang biasa diberikan kepada ibu hamil adalah dengan menghindari berbaring datar atau membungkuk.

Baringkan saja badan dengan menggunakan bantal yang agak tinggi. Selain itu, ibu hamil juga bisa menangkis mitos nanas penyebab keguguran dengan mengonsumsinya saat ulu hati terasa sakit dan terasa mual.
buah nanas
Buah nanas bisa membangkitkan hormon-hormon tertentu yang membuat Anda terbebas dari rasa mual dan nyeri ulu hati. Selain dengan mengonsumsi buah, Anda juga bisa menggunakan susu putih untuk meredakan rasa sakit yang Anda alami.

Masalah kedua yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau konstipasi. Adanya hormon progesterone saat hamil membuat relaksasi usus terjadi pada tubuh sehingga daya dorong usus terhadap sisa makanan yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang.

Sisa makanan yang tidak mampu didorong tersebut menjadi menumpuk dan mengakibatkan susah buang air besar. Dengan mengonsumsi buah nanas, ibu hamil bisa kembali beraktivitas tanpa perlu merasa jengah akibat sembelit atau konstipasi.

Selain itu, ibu hamil juga selalu disarankan untuk memakan buah-buahan lain dan sayuran hijau yang banyak mengandung serat. Kemudian minumlah air putih minimal delapan gelas sehari sehingga membuat saluran pencernaan menjadi lancar dan badan menjadi segar.

Ibu hamil yang mengalami keluhan seperti ini juga dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan atau olehraga khusus untuk ibu hamil. Dengan kebiasaan olehraga yang baik, maka tubuh pun akan terbiasa mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga kerja usus menjadi kembali seperti semula.

Keluhan selanjutnya pada ibu hamil adalah gusi berdarah. Hal tersebut disebabkan oleh gusi yang lunak dan mudah terluka selama masa kehamilan berlangsung. Gusi akan meradang dan plak yang terkumpul di dasar gigi akan memudahkan gusi menjadi luka saat terkena gesekan.

Selain menggosok gigi secara lembut, ibu hamil juga biasanya disarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi. Apabila tidak ada masalah serius, maka ibu hamil bisa mendapatkan solusinya dengan cara mengonsumsi buah nanas.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah tersebut bisa membuat gusi kembali seperti biasa, atau meminimalisasi perdarahan yang terjadi di dalam gusi. Hindari pula obat-obatan kimia karena hal itu tidak terlalu baik untuk janin yang dikandung ibu hamil.

Mudah lelah dan letih adalah keluhan yang sangat sering terjadi pada ibu hamil. Meningkatnya berat kandungan membuat ibu hamil kesulitan untuk melakukan aktivitas sehingga ibu sering merasa capek dan lemas meskipun hanya melakukan sedikit aktivitas.

Buah nanas bisa menjadi solusi untuk keluhan yang satu ini. Kandungan vitamin dan serat yang terdapat di dalamnya dapat menstimulasi hormon-hormon yang baik untuk meningkatkan kinerja tubuh dan otak sehingga ibu hamil dapat merasa lebih rileks dan tidak mudah lelah.

Dengan konsumsi buah nanas yang cukup, ibu hamil juga akan merasakan kembali kesegaran dan kebugaran badan sehingga bisa tetap melakukan berbagai aktivitas tanpa mengeluh merasa kurang sehat.

Dari sekian banyak kegunaan buah nanas bagi ibu hamil, apa Anda rela melewatkannya begitu saja hanya karena mitos nanas penyebab keguguran telah mewabah di lingkungan sekitar Anda?