10 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Masterkids SEO - Tahukah Anda manfaat mengkudu? Salah satu manfaat mengkudu yang telah banyak diketahui adalah sebagai obat tradisional. Ya, sebagaian besar bahan atau ramuan bahan obat tradisional Indonesia berasal dari tumbuhan atau tanaman obat, salah satunya buah mengkudu. Tanaman obat mengkudu sudah terbukti secara aman dikonsumsi sejak nenek moyang hingga sekarang. Bahkan, khasiat mengkudu telah dikenal lebih dari 2000 tahun yang lalu.
Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan
Berdasarkan penelitian ilmiah, ternyata buah mengkudu tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai kosmetik, perawatan kulit, perawatan rambut, dan lainnya. Adapun efek farmakologis yang telah terbukti melalui penelitian ilmiah, yaitu efek imunomodulasi, efek refarasi dan peremajaan sel, efek faso proteksi, efek antioksidan, efek antibiotika, serta efek antijamur.

Penelitian Ilmiah tentang Manfaat Mengkudu


Penelitian ilmiah terhadap tanaman mengkudu, terutama buahnya yang diketahui berkhasiat dalam bidang pengobatan tradisional, baru dilakukan pada 1980-an. Penelitain itu terus berlanjut sampai sekarang. Dr. Ralph Heinicke mendata tidak kurang ada 7 zat berkhasiat bagi kesehatan yang terdapat dalam buah mengkudu. Ketujuh zat yang dimaksud beliau adlah sebagai berikut.
  1. Antraquinon, yang memiliki sifat antibakteri.
  2. Asam askorbat, yaitu sumber vitamin C yang luar biasa dalam konsentrasi tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan.
  3. Scopoletin, bermanfaat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan sekaligus memperlancar peredaran darah. 
  4. Damnachantal, yaitu zat yang dikenal sebagai senyawa antikanker yang bermanfaat mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam darah.
  5. Xeronine, mampu mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein dalam sel sehingga mencegah protein-protein bersifat abnormal.
  6. Proxeronine, sebagai zat pembentuk xeronine yang diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang aktif struktur serta bentuk sel-sel aktif.
  7. Serotonine, dikenal sebagai zat yang mampu mengurangi stres, depresi, memperbaiki metabolisme, migrain, menenangkan perasaan, dan menghilangkan ketergantungan terhadap obat-obatan.
Bagian tanaman mengkudu yang paling banyak dimanfaatkan adalah buahnya dan yang paling popular pengolahannya adalah dalam bentuk jus. Disamping proses pembuatannya lebih mudah dilakukan, jus mengkudu terbukti lebih alami dan dapat terserap ke dalam tubuh lebih cepat. Industri tanaman obat pun sebagian besar memanfaatkan buah mengkudu dan bukan bagian tanaman lainnya. Untuk itu, ada baiknya kita ketahui cara kerja jus mengkudu dalam pemeliharaan kesehatan dan membantu proses penyembuhan penyakit, antara lain sebagai berikut.

1. Pengobatan Kanker
Mengkudu bersifat sebagai adaptogen, yaitu membantu sel abnormal untuk berfungsi secara normal kembali. Damnachantal menghambat aliran darah menuju sel kanker sehingga sel abnormal tersebut mendapat nutrisi dan oksigen yang dapat menyebabkan sel tersebut mati.

2. Pengobatan Sistem Pencernaan
Antraquinone dalam jus mengkudu berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan dan meningkatkan produksi enzim yang dibutuhkan. Dengan cara mengatur keseimbangan pH tubuh sehingga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin, mineral, dan protein.

3. Menghilangkan Rasa Sakit (Nyeri)
Xeronine dalam jus mengkudu mampu untuk menormalkan sel-sel yang abnormal, termasuk sel-sel jaringan otak, tempat berasalnya rasa sakit.

4. Memperbaiki Mood atau Emosi
Mengonsumsi jus mengkudu dapat mengaktifkan kelenjar pineal di otak sehingga meningkatkan produksi serotonine dan melatonine. Kedua unsur tersebut berperan dalam pengaturan suhu tubuh, mood, dan siklus menstruasi. Xeronine memiliki sifat serupa serupa dengan betaendrorphin sehingga menimbulkan perasaan nyaman.

5. Pengobatan Hipertensi
Scopoletin yang terkandung dalam jus mengkudu memiliki efek melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jus mengkudu juga telah diuji preklinis terhadap hewan uji tikus putih dan uji klinis terhadap manusia yang dilakukan oleh Direktorat Teknologi Farmasi dan Medica, Deputi TAB-BPP Teknologi. Jus buah mengkudu ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal kembali. Perlu diketahui juga bahwa informasi khasiat mengkudu atau noni telah dipatenkan internasional sebagai antiinfeksi, sebagai antiinfeksi virus HIV dan AIDS oleh Koyano T. et al, dan sebagai antikanker oleh Umezewa K. et al.

Secara umum, buah mengkudu terdiri atas 52% air dan sisanya adalah kulit, daging, dan buah. Sebenarnya, dalam buah mengkudu terdapat kandungan yang merugikan, yakni senyawa saponin. Saponin adalah buih-bih yang keluar pada saat pemerasan buah segar. Namun, senyawa saponin ini tidak dapat diserap oleh tubuh sehingga jika terminum pun akan langsung keluar dari dalam tubuh.

Pada 1993, Halensim, seorang peneliti, dalam tesisnya melaporkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat sebagian besar zat-zat yang berhubungan dengan kesehatan dan telah dibuktikan bahwa zat-zat tersebut hanya terdapat dalam buah mengkudu. Riset ilmiah ini menunjukkan bahwa zat-zat yang ditemukan dalam buah mengkudu memiliki khasiat, yaitu:
  1. merangsang respons pembentukkan kekebalan tubuh;
  2. membersihkan darah;
  3. mengatur fungsi sel;
  4. regenerasi sel rusak; dan
  5. menghambat pertumbuhan tumor.
Berikut ini adalah nama-nama ahli obat-obatan dari beberapa negara yang telah merekomendasikan hasil penelitian dan uji coba buah mengkudu.
  • Dr. Scoot Gerson (USA): jus mengkudu memperbaiki tekanan darah.
  • Dr. Moha Harrison (USA): jus mengkudu bermanfat untuk menyehatkan kelenjar thyroid dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Dr. Hirazumi, dkk (Jepang): jus mengkudu berkhasiat sebagai antikanker.
  • Dr. Inggrid, dkk (Indonesia): jus mengkudu mempunyai sifat antimultagenik.

Manfaat Mengkudu - Sari Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Pemanfaatan sari buah mengkudu untuk kesehatan telah banyak diketahui masyarakat, bahkan dikenal pada berbagai bangsa atau etnis di dunia. Telah banyak bukti empiris yang dilaporkan tentang berbagai macam manfaat mengkudu untuk kesehatan. Pemanfaatan sari buah mengkudu untuk kesehatan telah banyak dilakukan dalam berbagai bentuk sediaan, baik untuk penggunaan secara oral (diminum) ataupun secara luas (dioleskan, dikumurkan, dan lain-lain).
Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan
Agar mendapatkan hasil yang optimal dalam pemanfaatan sari buah mengkudu untuk pengobatan tradisional, hendaknya diberikan dengan dosis tepat meskipun dari bukti-bukti empiris diketahui bahwa sari buah mengkudu aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, wanita hamil, dan ibu yang sedang menyusui.

Mengonsumsi sari buah mengkudu murni tidak sama sengan sari buah lainnya yang lazim diminum segelas penuh atau lebih. Untuk sari buah mengkudu, jumlah yang diminum kira-kira 1 ons per 2 sendok makan sekali minum. Dalam sehari, dapat diminum beberapa kali bergantung pada kondisi atau perubahan yang dialami. Dosis penggunaannya dapat dikurangi bila telah merasakan peningkatan kesehatan atau menunjukkan gejala-gejala tensi tekanan darah menurun.

Penggunaan buah mengkudu sebagi tanaman obat dalam pengobatan tradisional relatif aman. Berikut ini beberapa tips penggunaan sari buah mengkudu.

1. Perawatan Kulit Wajah
Cara penggunaannya sebagai berikut.
  • Bersihkan wajah dengan pembersih yang biasa digunakan.
  • Basahi kain kasa dengan sari buah mengkudu.
  • Tutup seluruh wajah, termasuk dahi dan leher dengan kain kasa tersebut, lalu diamkan beberapa saat.
  • Bersihkan dengan air hangat.
  • Lakukan beberapa kali, kemudian bubuhkan larutan penyegar untuk menutup pori-pori kulit.
Buah mengkudu sebagai obat luar efektif untuk mengatasi jerawat, panu, penuaan kulit, mengurangi jejak stres, membuat rileks otot-otot wajah, serta mengatasi kulit kering dan keriput.

2. Perawatan Rambut dan Mencegah Keputihan
Cara penggunaannya sama seperti penggunaan hair tonic, yaitu dioleskan pada kulit kepala, lalu diamkan beberapa saat, kemudian basuh dibilas dengan air. Gunakan secara teratur, maka ketombe dan gatal-gatal akan berkurang. Lalu, bagaiama dengan keputihan? Cara penggunaannya adalah dengan mambasuh vagina setelah buang air kecil dengan sari buah mengkudu.

4. Mengatasi Batuk
Cara penggunaannya yaitu buah mengkudu yang hampir masak dikupas, lalu ditumbuk untuk diambil airnya. Setelah itu, campurkan dengan air jeruk nipis ditambah sedikit gula dan kapur sirih, kemudian seduh dengan air panas. Sebelum diminum, disaring terlebih dahulu. Diminum 3 kali sehari.

Itulah pembahasan mengenai beberapa manfaat mengkudu untuk kesehatan. Semoga apa-apa yang terdapat dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca