10 Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Asam - Jamu menjadi salah satu jenis obat yang masih diyakini khasiatnya oleh penduduk Indonesia. Jamu biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti akar atau rimpang, daun, buah, batang, dan bagian tanaman lainnya. Selain dipercaya karena khasiatnya, jamu juga dianggap lebih aman dikonsumsi daripada obat-obatan dokter maupun obat-obatan yang diproduksi pabrik.

Harga yang realtif murah membuat jenis minuman yang satu ini pun tetap laris manis di tengah maraknya suplemen kimia. Salah satu jenis jamu yang cukup terkenal khasiatnya ialah kunyit asam. Manfaat kunyit asem bagi kesehatan tubuh kita ternyata dibutuhkan.

Siapa yang tidak mengenal kunyit asam, kaum wanita pasti tak asing dengan jenis jamu yang satu ini. Minuman yang sering dijajakan oleh pedagang jamu keliling atau dikemas praktis dan dijajakan di supermarket ini lazim dikonsumsi di Indonesia.
Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan
Kunyit asam merupakan jenis jamu yang sudah terkenal secara turun temurun di lingkungan keraton. Minuman ini dipakai oleh kalangan puteri-puteri keraton sebagai jamu untuk menjaga kecantikan.

Minuman ini terdiri dari dua bahan utama yaitu kunyit (curcuma domestica) dan asam jawa (tamarindus indica). Manfaat kunyit asem cukup banyak karena bahan utamanya pun memang pada dasarnya telah bermanfaat.

Manfaat Kunyit Asem Bagi Kesehatan


Kunyit selain terkenal sebagai pewarna makanan alami dan pemberi cita rasa pada masakan juga memiliki manfaat yang lain. Di Indonesia masyarakat sering menggunakan kunyit sebagai bumbu masak. Warna kuning pada kunyit dikarenakan adanya zat kurkuminoid.

Zat ini merupakan gabungan dari kurkumin, desmetoksikumin dan bidesmetoksikurkumin. Zat ini dipercaya para ahli sebagai anti oksidan yang dapat menangkap radikal bebas serta mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kunyit juga mengandung zat-zat lain yang diperlukan untuk tubuh yaitu minyak asiri, karbohidrat, protein, lemak, kalium, fosfor, vitamin, mineral, dan zat lainnya.

Selain itu kunyit juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya membersihkan lambung, mendinginkan badan yang panas, sebagai anti-inflamasi, penambah nafsu makan, mencegah terjadinya penggumpalan darah, mengurangi kelebihan gas dalam tubuh dan lain-lain.

Tak salah jika kunyit menjadi salah satu bahan dasar dari jamu, karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam rimpang kunyit.

Bahan selanjutnya ialah asam. Asam merupakan buah yang memiliki rasa asam. Rasa asam buah ini membuat asam sering digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan maupun diolah sebagai minuman yang menyegarkan. Selain memiliki manfaat untuk memberi kesegaran pada tubuh kita, asam juga dipercaya dapat meringankan sakit perut dan mengatasi demam.

Jamu Kunyit Asam
Dua rempah ini memang sering diolah secara bersamaan. Berbeda dengan minuman jamu lain yang lazimnnya terasa ketir dan pahit, kunyit asam memiliki rasa yang cukup enak di lidah. Paduan manis dan asam yang menyegarkan membuatnya digemari para penikmat jamu.

Selain rasa yang enak, kunyit asam juga memiliki banyak manfaat. Kombinasi kedua bahan tersebut memberi manfaat yang besar.

Berikut manfaat kunyit asem antara lain:

- Melancarkan Haid
Di kalangan wanita kunyit asam terkenal dapat membantu melancarkan haid saat datang bulan. Hal ini karena kandungan asam dapat membuat jantung dapat memompa darah lebih baik sehingga memperlancar peredaran darah termasuk pada saat haid. Selain melancarkan, kunyit asam juga dapat mengurangi rasa nyeri dan mengurangi bau amis darah ketika haid.

- Melangsingkan Tubuh
Manfaat kunyit asem yang disukai wanita lainnya ialah dapat melangsingkan tubuh. Bagi para kaum wanita, kunyit asam juga dijadikan konsumsi alternatif untuk melangsingkan tubuh. Hal ini karena kunyit memiliki kemampuan untuk menstimulasi hati untuk menghasilkan empedu pemecah lemak (meningkatkan metabolisme lemak).

Selain itu baik kunyit maupun asam memiliki kemampuan melancarkan metabolisme tubuh dan peredaran darah sehingga oksigen lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh dan lemak mudah terbuang.

- Menurunkan Resiko Jantung dan Hipertensi
Selain membantu melangsingkan tubuh, peningkatan metabolisme lemak yang terjadi dari mengkonsumsi kunyit asam dapat menurunkan resiko serangan jantung dan hipertensi.

- Zat Antioksidan
Kunyit asam berfungsi sebagai zat antioksidan yang menangkal radikal bebas, dapat mencegah penuaan, menjaga kecantikan dan memperhalus kulit tubuh kita.

- Menyembuhkan luka lambung
Kunyit asam dapat menyembuhkan luka di lambung. Hal ini karena kunyit mengandung zat curcuminoid.

- Menjaga fungsi hati
Kandungan yang terdapat pada kunyit baik dikonsumsi oleh penderita liver.

- Menghaluskan kulit
Minyak atsiri yang terkandung pada kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi sehingga dapat menghaluskan kembali kulit yang terkena luka bakar.

- Membersihkan organ kewanitaan
Campuran kunyit asam dan dauh sirih dapat membersihkan organ kewanitaan pada wanita.

- Memperlancar buang air besar
Mengkonsumsi kunyit asam dapat membantu menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh. Hal ini karena kunyit asam memperlancar buang air besar sehingga proses sekresi yang terjadi pada tubuh dapat berjalan dengan lancar dan hal tersebut membuat kita tampak lebih segar dan bugar.

Selain manfaat di atas perlu diperhatikan bahwa kunyit asam tidak cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Hal ini disebabkan karena jamu kunyit asam dikhawatirkan akan membuat air ketuban menjadi keruh sehingga janin akan mengalami stres.

Resep Kunyit Asam
Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan
Kunyit asam dapat dengan mudah kita temui, mulai dari jenis jamu yang digendong sampai kemasan instan di toko yang prosesnya menggunakan teknologi modern. Tapi tak ada salahnya mencoba membuat racikan sendiri. Selain terjaga keasliannya, manfaat kunyit asem racikan sendiri tak kalah hebat bahkan bisa jadi lebih baik dari produk olahan di pasaran. Berikut merupakan resep langkah-langkah membuat kunyit asam di rumah.

Bahan-bahan:

250 gram kunyit
250 gram asam jawa
1 liter air
Gula jawa secukupnya
Garam secukupnya

Langkah-langkah pembuatan kunyit asam:
  1. Pertama bersihkan kunyit menggunakan air, selanjutnya kupas kulit kunyit hingga bersih dan tersisa daging umbinya saja.
  2. Setelah itu haluskan kunyit menggunakan parutan atau blender.
  3. Hasil parutan kunyit kemudian disaring atau diperas. Pisahkan ampasnya lalu ambil airnya saja.
  4. Nyalakan kompor, kemudian rebus air parutan kunyit tadi dalam panci.
  5. Setelah cukup panas masukan gula jawa dan asam jawa ke dalam rebusan air kunyit.
  6. Selanjutnya tambahkan garam untuk memberi cita rasa.
  7. Aduk semua bahan hingga mendidih.
  8. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan racikan kunyit asam tersebut.
  9. Kunyit asam siap dihidangkan. Untuk menambah kesegaran kita dapat menambahkan es batu pada minuman ini.
Itulah beberapa ulasan mengenai kunyit asam dan manfaatnya bagi tubuh. Walaupun kunyit asam telah menjadi salah satu jamu atau obat herbal yang banyak diproduksi, sebagai konsumen kita harus berhati-hati memilih kunyit asam, baik yang disajikan dalam bentuk cair maupun kemasan instan. Pastikan bahan-bahan yang digunakan alami dan tidak dicampur dengan bahan kimia yang malah akan mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan. Tak ada salahnya mencoba resep kunyit asam di atas untuk dipraktekan di rumah. Selamat mencoba!