Master Kids SEO

Membahas About SEO dan Lainya

Cara Mendapatkan Uang Baru NKRI

Masterkidsseo - Cara Mendapatkan Uang Baru NKRI, Setelah Nampak di dunia maya tentang gambar penampakan uang nkri, sobat pasti bertanya-tanya. Lha terus bagaimana dengan uang kita yang sekarang? apakah masih bisa dipake berbelanja atau harus menukar uangnya. Berikut ini adalah informasi yang admin peroleh dari media online tentang Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Baru NKRI.

Sebelum ke bagian inti cara mendapatkannya alangkah lebih baiknya jika kita tahu Ciri - Ciri Uang NKRI. Uang rupiah (kertas) yang akan diterbitkan 17 Agustus 2014 memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, sebagai berikut:

  1. Gambar lambang negara ‘Garuda Pancasila’
  2. Frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia”
  3. Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya
  4. Tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia
  5. Nomor seri pecahan
  6. Teks ‘DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI …’
  7. Tahun emisi dan tahun cetak.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas pernah mengatakan uang model baru yang akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014 tersebut memiliki beberapa ciri.

“Pertama ada frase NKRI, pada uang kertas atau logam ada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Ronald beberapa waktu lalu.

Ronald mengatakan ciri kedua pada uang baru yang akan diterbitkan tersebut adalah adanya tanda tangan Menteri Keuangan (Menkeu). Pada cetakan lama, atau yang kini beredar belum ada tanda tangan Menkeu.

“Sebelumnya uang rupiah hanya ada tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan Deputi Gubernur Indonesia, dalam uang baru tersebut ada tanda tangan Menteri Keuangan,” ujar Ronald.

Ronald menambahkan selain itu ada beberapa ciri lainnya yang nantinya akan tercetak di uang tersebut mulai dari gambar pahlawan dan gambar lainnya serta akan ada berbagai sistem pengamanan agar tak mudah dipalsukan.

“Pengamannya apa saja tentu itu rahasia Bank Indonesia, tidak boleh disebutkan nanti bisa membuat orang bisa memalsukan, uang baru nanti itu tetap dalam bentuk uang kertas bukan plastik,” katanya.

Perusahaan yang ditunjuk mencetak uang baru NKRI adalah Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Peruri sudah menjadi langganan BI dalam hal memenuhi pesanan mencetak uang.

“Undang-Undang mengamanatkan pencetakan uang BI menunjuk kepada BUMN, ya tetap Perum Peruri,” tutup Ronald.

Cara Mendapatkan Uang Baru NKRI
Bank Indonesia (BI) telah mempersiapkan proses sosialisasi, peluncuran, hingga mekanisme untuk sampai ke tangan masyarakat.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas menyebutkan, proses peredarannya tidaklah berbeda dengan uang sebelumnya. Salah satunya adalah melalui Anjungan Tunai Bersama (ATM).

“Nanti akan seperti biasa saja, cuma uangnya beda. Bisa masuk di ATM,” kata Ronald

Karena tidak semua ATM akan tersedia uang NKRI, maka BI menyiapkan alternatif untuk masyarakat yang ingin mendapatkan lebih dulu. Salah satunya adalah ditukarkan di bank terdekat.

“Jadi orang kalau menukar di bank baru diberikan,” sebut Ronald.

BI akan menyiapkan uang sesuai dengan kebutuhan. Untuk memastikan ketersediaan uang baru, bank biasanya terlebih dahulu menukarkan ke BI.

“BI siapkan dananya, kalau nanti bank narik untuk keperluan nasabahnya. Masyarakat datang menukar,” jelasnya.

Ronald menambahkan, uang lama yang masih beredar akan ditarik kemudian diganti dengan uang baru secara perlahan. “Jadi mesti ada penarikan oleh bank. Kan nggak mungkin BI langsung edarkan,” tuturnya.

Nah pertanyaan yang tadi kapan ngejawabnya? yang "Lha terus bagaimana dengan uang kita yang sekarang? apakah masih bisa dipake berbelanja atau harus menukar uangnya"

Sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2011, bank sentral diamanatkan mengedarkan desain uang baru pada Perayaan Kemerdekaan Indonesia ke 69. Uang lama tetap diakui dan dibolehkan beredar sambil ditarik bertahap, sampai 10 tahun ke depan.

Akan tetapi, karena alasan teknis bahwa 17 Agustus tahun ini jatuh pada saat Minggu sehingga bank-bank libur, maka peredaran uang NKRI baru dilakukan pada 18 Agutus.

Nah sudah jelas bukan sobat, mungkin itu saja informasi yang bisa admin berikan tentang Cara Mendapatkan Uang Baru NKRI, semoga bermanfaat ya sob, thanks dah mampir.
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top