Tips Memilih Mobil Bekas Agar Gak Salah Beli

Tips Memilih Mobil Bekas - Mobil menjadi kebutuhan utama saat ini untuk orang kantoran yang kerjanya di kota-kota besar, selain untuk menghindari panas menyengat saat siang hari, mobil bisa dipergunakan untuk membawa barang maupun keluarga. Nah bagi anda yang saat ini ingin membeli mobil, apalagi mobil bekas mungkin artikel ini bisa anda jadikan wawasan sebelum anda membeli mobil bekas murah agar tidak salah beli. Apa saja tips nya. Berikut selengkapnya:
Tips Memilih Mobil Bekas

1. Siapkan Dana yang Memadai

Memiliki dana yang memadai adalah syarat mutlak. Hal ini guna menghindari beban berlebihan yang berpotensi mengganggu kestabilan ekonomi Anda saat harus memulai cicilan. Artinya, pilihlah mobil bekas yang sesuai kemampuan, jangan mudah tergiur dengan rayuan para pedagang yang berusaha mengarahkan Anda agar menjatuhkan pilihan ke mobil yang berharga lebih mahal. Hal itu sebab memang ada beragam pilihan yang tersedia di bursa mobil bekas ini.

2. Pelajari Seluk-Beluk Mobil yang Hendak Anda Bidik

Sebelum Anda pergi untuk melakukan survey ke lokasi  bursa mobil bekas, sebaiknya pelajari terlebih dahulu mobil yang hendak Anda bidik. Misalnya Anda saat ini memiliki mobil dengan merek Hyundai Getz, lalu ingin ganti dengan merk Hyundai i 10. Maka, pelajarilah seluk-beluk mobil Hyndai i 10 tersebut, baik mekanisme mesinnya, fitur, performa, dan kelebihan/kekurangannya. Dengan demikian, Anda telah kaya akan data pada saat melakukan survel lokasi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya penyesalan yang dikarenakan ketidaktahuan Anda.

3. Teliti Keabsahan Surat Menyurat

Jangan sekali-kali membeli mobil di bursa mobil bekas karena hanya berdasarkan body yang  mulus atau harga yang miring belaka. Justru Anda harus curiga bila ditawari mobil bekas berharga murah dengan kondisi yang masih sangat baik. Sebab dikhawatirkan mobil tersebut merupakan hasil tindak kejahatan dan surat menyurat yang ada adalah surat aspal (asli tapi palsu). Membeli barang seperti ini hanya akan mendatangkan masalah, Anda menjadi tidak tenang, dan keberkahan pun tak akan datang. Oleh karena itu, Anda harus meneliti keabsahan surat menyurat, seperti STNK dan  BPKB.

4. Pilihlah Mobil sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak pilihan yang sangat beragam, oleh karenanya Anda harus mempunyai alasan yang kuat dalam menentukan pilihan. Bila Anda  memerlukan kendaraan yang bisa mengangkut seluruh anggota keluarga untuk melakukan perjalanan jauh, seperti pulang ke kampung halaman. Maka, Anda membutuhkan kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV), seperti Hyundai H-1, Hyundai Trajet, Mitsubishi Grandis, Honda Oddyssey, Isuzu Panther, Honda Stream,  Avanza/Xenia, Kia Carrens, Kijang Capsule, Kijang Innova, Nissan Livina, Proton Exora, Toyota Alphard, dll.

Baca juga: Seva Pusat Mobil Murah

Namun, bila kendaraan yang akan Anda beli adalah kendaraan untuk sekedar pulang pergi dari rumah ke kantor dengan kondisi lalu lintas yang macet dan padat, maka pilihlah mobil jenis city car. Oleh karena desainnya yang kecil namun futuristik, kualitas mesinnya pun tak kalah dengan jenis mobil mewah. Contoh mobil jenis city car ini adalah Hyundai Getz, Suzuki Swift, Hoda Jazz, Toyota Yaris, Nissan March, KIA Picanto, termasuk mobil asal  parikan China seperti Chery QQ dan Geely LC Cross.

Namun bila mobil yang Anda butuhkan adalah mobil yang kuat dan sanggup diajak berpetualang di dunia off road. Dan di saat bersamaan Anda juga ingin mendapatkan kenyamanan dalam berkendaraan sekelas sedan, sekaligus mampu mengangkut keluarga dan handai taulan.  Maka kalau begitu  pilihlah jenis mobil SUV atau Sport Utility Vehicle, yang konsepnya merupakan gabungan antara sedan, station wagon dan jip. Contoh mobil SUV ini adalah  Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Land Cruiser, Nissan X-Trail, Toyota Fortuner, dll

Namun, bila Anda seorang pebisnis papan atas yang memandang mobil tidak hanya sekedar sarana transportasi, namun sudah menjadi bagian dari identitas, gaya hidup dan citra, maka pililah mobil eksklusif merk ternama sekelas Ferrari, Mercedes Benz, BMW atau Jaguar. Mobil-mobil dengan merek tersebut menawarkan kemewahan dalam bentuk dan kenyamanannya.

5. Lakukan Test Drive bersama Orang yang Ahli

Hal di atas sangat tepat dilakukan untuk orang yang tidak mengerti mesin atau bahkan tidak  bisa menyetir. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ajaklah untuk melakukan survey ke lokasi orang yang Anda percaya dan ahli di bidang otomotif. Periksa dan tanyakankanlah kepada ahli otomotif tersebut secara detail mengenai kondisi dan riwayat pemakaian mobil. Siapapun yang ingin menjual mobil pasti tak akan marah bila ditanyakan hal-hal seperti itu, jadi Anda tak perlu malu dan sungkan.

Setelah itu, jangan lupa lakukanlah test drive bersama-sama. Dengan demikian, Anda bisa merasakan keadaan aktual mobil saat melaju di jalan raya sekaligus mendiskusikannya bersama-sama. Demikianlah tulisan tentang tips memilih mobil bekas agar tidak salah beli. Selamat melakukan perburuan!