Perut Buncit? Yuk Rutin Lakukan Gerakan Senam Mengecilkan Perut!

Senam Mengecilkan Perut - Memiliki perut rata adalah dambaan banyak orang, terutama bagi para wanita. Karena bentuk perut juga menjadi hal yang tak boleh dikesampingkan dalam hal penampilan. Namun tak perlu khawatir, kini ada senam mengecilkan perut.

Masalah Perut Buncit bagi Wanita

Bukan rahasia lagi, perut buncit menjadi salah satu masalah bagi wanita yang mengutamakan keindahan tubuhnya. Sebelum mencari cara mengecilkan perut, cari tahu terlebih dahulu apa yang membuat perut buncit.

Umumnya, perut buncit disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah kebiasaan makan makanan berlemak di malam hari, kurang olahraga, dan kurang konsumsi makanan berserat.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut? Mengatasi perut buncit, baik sebelum maupun sesudah melahirkan bisa dilakukan dengan senam. Iya, ada beberapa gerakan senam yang dirasa ampuh untuk mengecilkan perut.

Seperti apa gerakan senam mengecilkan perut itu? Adapun gerakan-gerakan untuk mengecilkan perut adalah sebagai berikut.

Gerakan-gerakan Senam Mengecilkan Perut


1. Sit Up
Salah satu gerakan yang harus dilakukan secara rutin untuk mengecilkan perut adalah sit up. Kenapa gerakan sit up? Hal ini dikarenakan, gerakan sit up cukup ampuh untuk memaksimalkan dan melatih kekuatan otot perut. Di samping itu, gerakan sit up juga berguna untuk kesehatan dada, punggung, dan lain-lain. 
Sit Up

Gerakan sit up terbilang cukup sederhana. Namun bagi pemula, boleh juga meminta bantuan orang lain untuk memegang kaki Anda. Lakukan gerakan sit up secara bertahap.

Pertama-tama berbaring telentang di atas matras. Setelah itu, letakkan kedua tangan di belakang kepala, dan tekuk bagian kaki Anda. Setelah itu, lakukan gerakan maju mundur. Usahakan supaya tangan Anda berada pada tempatnya. Dengan kata lain, upayakan agar tangan tidak terlepas drari atas kepala.

2. Push Up
Gerakan senam lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut adalah push up. Push up termasuk gerakan senam yang cukup populer, terutama di kalangan olahragawan dan pria. Hal ini dikarenakan, push up berguna untuk membentuk tubuh, khususnya otot kanan.
Push Up
Melakukan gerakan push up tidak boleh sembarangan. Sebelum push up, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda mempunyai matras yang dipergunakan sebagai alas saat Anda berbaring tengkurap, sebelum memulai gerakan push up.

3. Prisoner Squats
Apa itu prisoner squats? Prisoner squats adalah gerakan olahraga lainnya yang umumnya dilakukan untuk melatih kekuatan otot dan mengecilkan perut.

Gerakan prisoner squats terbilang cukup mudah dan sering dipraktekan. Lantas, bagaimana gerakan prisoner itu?
Prisoner Squats
Pertama-tama dalam posisi berdiri, buka sedikit kaki. Setelah itu, letakkan kedua tangan ke belakang kepala. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu kedua tangan berada dalam posisi sejajar. Setelah itu, gerakkan tubuh Anda naik turun.

Sebenarnya, gerakan prisoner squats ini hampir sama dengan squat jump. Namun bedanya pada gerakan prisoner squats tidak ada gerakan melompat. Anda hanya tinggal melakukan gerakan naik turun. Namun sesekali cobalah untuk menahan diri dalam beberapa menit pada posisi jongkok kemudian bangkit lagi.

4. Burpees
Apa itu burpees? Burpees adalah salah satu gerakan senam yang bisa dibilang cukup sulit. Tak heran, jika banyak orang yang tidak menyukai gerakan ini.

Namun yang perlu diketahui adalah burpees berguna untuk embakar kalori di dalam tubuh, tak terkecuali kalori yang berlebih di perut.
Burpees
Langkah pertama, berjongkok dan usahakan untuk memposisikan kedua tangan di samping kaki. Setelah itu, gerakan kaki ke belakang, seperti posisi awal push up. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan pertama, lalu diakhiri dengan posisi berdiri. Usahakan berdiri dengan posisi kaki merapat, sedangkan kedua tangan lurus ke atas.

5. Jumping Jacks
Mungkin masih banyak yang masih asing dengan istilah jumping jacks. Apa itu jumping jacks? Jumping jacks adalah gerakan senam yang bukan hanya berguna untuk membakar kalori di perut, melainkan juga meningkatkan kekuatan dan menghilangkan stres. Iya, gerakannya yang melompat dan menutup berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh sekaligus melepaskan stres.
Jumping Jacks
Bagaimana gerakan jumping jacks itu? Langkah pertama, berdirilah dengan posisi kaki merapat, sedangkan tangan berada di atas paha. Setelah itu, melompat lalu geser kedua kaki ke arah samping bersamaan dengan menepuk tangan ke udara. Saat menepuk, usahakan posisi tangan dan kaki tegak lurus.

Selain 5 gerakan di atas, ada juga gerakan senam lain yang patut dicoba untuk mengecilkan perut. Adapun contoh gerakan senam mengecilkan perut adalah sebagai berikut.

1. Discorobic
Discorobic merupakan penggabungan antara senam aerobik ringan dan keras. Manfaat dari senam discorobic adalah mengecilkan perut buncit. Gerakan discorobic didominasi olah gerakan senam aerobik yang keras. Meski begitu, beberapa kali juga diselingi dengan gerakan senam yang ringan.

2. Rockrobic
Bagi Anda yang termasuk penyuka musik cadas dan hobi melakukan senam aerobic, rockrobic menjadi pilihan tepat untuk mengecilkan perut. Rockrobic termasuk jenis senam yang memadukan antara discorobic dengan musik rock.

3. Aerobic Sport
Aerobic sport merupakan jenis senam yang mengutamakan kelenturan. Jenis senam yang satu ini menggabungkan antara gerakan keras dan ringan. Namun sesuai dengan konsepnya, kebanyakan gerakannya berkaitan dengan kelenturan. Jenis senam ini dirasa ampuh untuk mengecilkan perut.

Seperti yang kita tahu, musik rock termasuk musik yang sangat keras. Nah, penggabungan antara musik keras dengan gerakan senam menjadi olahraga yang mampu mengecilkan perut. dengan demikian, keinginan untuk memiliki perut langsing akan cepat terwujud.

4. High Impact Aerobic
High Impact Aerobic termasuk jenis senam yang gerakkannya terbilang cukup keras. Oleh karena itulah, untuk melakukan gerakan senam high impact aerobic tidak boleh sembarangan. Usahakan untuk melakukan gerakan dengan pengawasan dari instruktur senam. Hal ini dikarenakan, dalam melakukan gerakannya diperlu kehati-hatian.

Biasanya musik yang digunakan adalah musik keras, sehingga gerakannya pun terbilang cepat. Gerkan dari high impact aerobic pun beragam, mulai dari berputar, menyeret, melompat, dan masih banyak lagi.

Senam ini bukan hanya bisa membakar lemak di perut, melainkan juga dibagian tubuh lainnya. Mulai dari perut, dada, pinggang, bahkan sampai betis sekalipun akan mengecil dengan rutin melakukan senam ini.

5. Low Impact Aerobic
Jenis senam Low Impact Aerobic ini merupakan senam denagn gerakan yang ringan. Senam ini bisa dilakukan oleh semua umur. Bahkan untuk manula pun terbilang sangat aman. Karena kemungkinan risiko cedera akibat gerakan senam ini sangat kecil, sehingga masih bsia dihindari.

Itu dia beberapa jenis olahraga aerobic yang bia Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Pilihlah gerakan yang bisa dilakukan dengan mudah. Jangan memaksakan melakukan gerakan yang sulit, khawatir jika akhirnya justru cedera.

Jadi pada dasarnya, untuk membuat tubuh terlihat ideal tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup dengan melakukan gerakan senam yang rutin dan benar, perut akan cepat langsing. Dengan kata lain, di samping mewujudkan penampilan yang maksimal, jangan sampai mengesampingkan keamanan dalam berolahraga.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis gerakan senam mengecilkan perut. Daripada penasaran, coba sekarang dan rasakan manfaatnya.