6 Hal Yang Ditawarkan Bunaken Sang Surga Bawah Laut

Masterkids SEO - Taman Laut Bunaken, Jika berbicara tentang Manado atau Sulawesi Utara secara umum, maka yang ada di pikiran kita pasti adalah Bunaken. Bunaken yang kita ketahui sebagai tempat dari ratusan jenis terumbu karang ini di tetapkan sebagai Taman Nasional Bawah Laut oleh pemerintah sejak tahun 1991.
taman nasional bunaken
Tak heran jika koleksi terumbu karang di sini masih terjaga sampai sekarang. Taman laut bunaken berada di provinsi Sulawesi Utara. Taman Nasional ini sendiri memiliki luas 890,65 km2, 97% dari wilayah taman nasional ini adalah lautan dan sisa nya berupa daratan yang terdiri dari 5 pulau, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Naen, dan Siladen.

Lalu apa saja keunikan taman laut bunaken dan dimana perlindungan ekosistem taman laut bunaken? simak artikel ini sampai habis
  • Keindahan Terumbu Karang

Bunaken sudah identik dengan keberagaman dan keindahan terumbu karang yang tumbuh di perairan Manado Tua dan sekitarnya. Untuk bisa menikmati keindahan taman bawah lautnya, anda bisa menyelam dengan memakai alat selam yang banyak di sewakan di sekitar lokasi ini. Harganya juga cukup murah, mulai dari 100rb/hari.

taman laut bunaken
Bunaken merupakan salah satu titik scuba diving yang terbaik di dunia. Disini ada sekitar 25 titik penyelaman yang bisa anda jelajahi.

  • Berenang Bersama Ikan-Ikan Liar

Selain menikmati keindahan terumbu karang, anda juga dapat berenang bersama ikan-ikan liar yang mempunyai corak indah dan berwarna-warni. Anda juga dapat memberikan makanan ke ikan-ikan tersebut. Rasakan sensasi ikan-ikan mengerubungi anda tanpa mereka merasa takut.

  • Snorkeling Di Perairan Dangkal

Jika anda takut kedalaman, dan tidak ingin menyelam ke dasar yang lebih dalam, anda bisa mencoba snorkeling di perairan dangkal. Tapi jangan khawatir, pemandangan dibawah perairan dangkal juga tak kalah indahnya dengan perairan dalam. Juga tak lupa ditemani ikan-ikan kecil yang lucu.

  • Menikmati Bermain Di Pantai Berpasir

Bunaken tidak melulu soal taman bawah laut. Disini juga terdapat beberapa pantai yang dapat anda nikmati jika tidak ingin menyelam. Salah satunya yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan adalah pantai Pulau Bunaken.  Sebab pulau ini adalah tempat berlabuhnya kapal wisatawan dari Kota Manado. Jadi wisatawan yang baru sampai di Pulau Bunaken akan langsung menikmati keindahan pantai berpasir putih di Pulau Bunaken, dan setelah itu bisa lanjut menikmati keindahan bawah laut bunaken.

Baca Juga : Pesona Wisata Alam Pulau Raja Ampat

  • Oleh-Oleh Dari Bunaken

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tidak membeli buah tangan sebagai kenang-kenangan bahwa anda sudah berada di tempat itu. Salah satunya di Bunaken ini, tak lengkap rasanya ke Bunaken tanpa membawa oleh-oleh khas nya. Di Pulau Bunaken terdapat banyak penjual souvenir yang dapat anda bawa pulang. Salah satu contohnya adalah hiasan meja yang terbuat dari terumbu karang. Atau lukisan yang terbuat dari pasir asli setempat. Selain buah tangan, jangan lupa pula untuk mencoba kuliner khas Manado. Mulai dari klapertart yang sudah sangat terkenal itu, kemudian ada dodol manado, cakalang fufu, dan masih banyak lagi.

  • Menikmati Sunset

Setelah seharian lelah menjelajahi keindahan terumbu karang dan ikan-ikan nan cantik di bunaken national park. Sekarang saatnya anda duduk tenang menikmati lukisan Tuhan berupa sunset yang sangat indah di ufuk barat. Dari Pulau Bunaken, pemandangan matahari terbenam akan terlihat di balik Gunung Berapi Manado Tua yang merupakan sebuah Pulau tak jauh dari Pulau Bunaken.

Akhir Kata

Itu lah dia beberapa hal yang di tawarkan oleh Bunaken yang pastinya membuat kita ingin menginjakkan kaki kesana. Apalagi jika anda orang Manado asli yang sudah lama merantau ke luar kota seperti Jakarta. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Happy Traveling Sob!!