Belajar Menentukan Sebuah Judul Tulisan di Blog Yang Baik

Belajar Menentukan Sebuah Judul Tulisan di Blog - Pernahkah Anda saat sedang melakukan blog walking alias menjelajahi beberapa buah blog? Lantas, merasa tertarikkah saat membaca sebuah judul tulisan di blog tersebut? Atau, pernahkan Anda tiba-tiba merasa harus membaca isi sebuah tulisan di blog karena kata-kata pada judul tulisannya adalah sebuah ilmu yang sangat berguna, atau temanya sangat Anda perlukan?

Nah, untuk menghasilkan sebuah judul tulisan yang menarik tentu ada ilmunya. Belajar menentukan sebuah judul tulisan di blog memang memiliki ilmu tersendiri yang tidak sama seperti membuat judul tulisan untuk skripsi, judul tulisan untuk novel, atau judul tulisan untuk cerpen.

Pentingnya sebuah judul
Belajar menentukan sebuah judul tulisan di blog sebenarnya gampang-gampang susah. Tergantung pada niat awal penulisnya, untuk apakah blog atau tulisan di posting? Apabila hanya ingin membuat catatan harian saja atau berkisah tentang kegiatan sehari-hari tanpa ingin menyedot ribuan pembaca, maka judul sebuah tulisan dapat sesuka hati diberikan. Tergantung pada keinginan sang penulis.
Belajar Menentukan Sebuah Judul Tulisan di Blog Yang Baik

Namun bila tulisan di blog tersebut dibuat untuk mendatangkan ribuan pembaca dan ingin agar blog tersebut mudah dikenali oleh pembaca serta mesin pencari, maka pembuatan judul beserta isinya harus diperhatikan benar-benar. Pemilihan kata dalam blog tersebut sebaiknya sesuai dengan keyword atau kata kunci yang sering dicari oleh pembaca atau blog walking yang lain.

Jadi, judul itu penting sekali fungsinya sebagai penarik minat pembaca, serta mendatangkan pembaca dari mesin pencari atau search engine. Judul fungsinya seperti pintu atau gerbang yang indah dan mampu membuat siapapun agar tertarik memasukinya atau juga bila judulnya jelek maka mereka tak berminat memasukinya. Jelas bukan?

Apa itu keyword dan Apa fungsinya?
Untuk blogger pemula, biasanya belum sepenuhnya paham pada keyword yang seharusnya ada dalam sebuah judul, dan juga isi sebuah tulisan. Untuk diketahui, keyword adalah kata kunci atau kata utama atau bisa juga disebut sebagai tema yang akan menjadi bahasan dalam sebuah tulisan tersebut.

Keyword ini harus diletakkan sebagai unsur dalam judul tulisan, dan juga dalam paragraf pertama pada tulisan di blog tersebut. Misalnya saja keyword atau kata kunci dalam tulisan Anda adalah: ‘kue lemper’. Maka dalam judul tulisan Anda itu harus meletakkan kata ‘kue lemper’. Contoh: ‘Cara pembuatan kue lemper’.

Nah, judul ini sudah memenuhi syarat untuk sebuah judul yang baik bila berdasarkan keyword. Selanjutnya Anda tinggal menuliskan paragraf-paragraf dalam tulisan tersebut. Ingat dalam paragraf pertama harus ada kata keywordnya. Misal: ‘Kue lemper merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang rasanya mampu mengguncang lidah dan perut Anda’.

Keyword juga harus disebar dalam isi tulisan Anda selanjutnya, di paragraf berikutnya. Namun yang perlu diingat, jangan terlalu royal juga menuliskan kata kunci dalam sebuah tulisan. Jika terlalu banyak maka sebaiknya cari padanan kata yang akan memiliki arti sama dengan kata kunci itu. Misalnya: ‘kue lemper’ padanan katanya bisa ‘kue yang dibungkus daun pisang’, atau kue yang terbuat dari ketan’, dan lainnya. Terlalu banyak keyword pun akan dianggap tak bagus oleh mesin pencari.

Rahasia membuat judul tulisan
Menyusun judul tulisan ada cara tertentu untuk menjadikannya menarik. Dengan sedikit kemampuan olah bahasa, sebuah judul yang keren akan mudah dibuat. Namun untuk postingan tulisan di blog, ada cara atau trik khusus membuat judul yang harus diketahui. Apa saja? Berikut ini silahkan disimak:


  1. Judul ‘how to’ atau judul yang memberi petunjuk tentang ‘cara’ melakukan sesuatu, itu sangat sering dicari dan sangat disukai oleh pembaca. Ingat, internet hingga kini masih menjadi cara yang paling mudah untuk mencari ilmu, sehingga ada ratusan ribu penggunanya yang mencari ilmu atau cara melakukan sesuatu di dalamnya. Karena itu, sebaiknya tulisan Anda membahas mengenai ‘cara’. Dan judulnya juga harus mengandung kata-kata ‘cara’. Contohnya: ‘Cara membuat kue lemper’. Atau ‘Cara membersihkan muka’, atau ‘cara memelihara kambing’, dan lainnya.
  2. Langkah kedua, judul yang menarik minat pembaca biasanya mengandung unsur kata ‘mudah’. Yah, secara psikologis, kata mudah akan dipahami sebagai tidak sulit, tidak susah, gampang, atau instan. Ini adalah magnet yang kuat untuk menarik minat pembaca, siapapun itu. Contohnya: ‘Cara mudah mendapatkan istri solihah’, atau ‘cara mendapatkan istri sholihah dengan mudah’. Pembaca akan menganggap Anda sudah berpengalaman dan dengan begitu mereka juga akan dengan mudah menerapkan ilmu yang ada dalam tulisan Anda.
  3. Ada lagi kunci untuk membuat judul yang baik, yaitu menyelipkan kata ‘rahasia’ . Kata ‘rahasia’ ini sungguh mujarab untuk mengundang rasa ingin tahu pembaca, sebab segala yang rahasia biasanya memang mengundang minat. Contohnya: ‘Rahasia mendapatkan istri sholihah’.
  4. Selanjutnya, judul akan lebih menarik minat pembaca bila ada kata ‘inilah’ atau ‘ini’. Kata tersebut memiliki kesan menunjukkan, menandai, dan mengkhususkan. Misalnya saja: ‘Ini cara mendapatkan istri solihah’, atau ‘Ini cara kaya dengan mudah’.
  5. Nah, pembaca juga biasanya akan lebih penasaran dengan adanya selipan angka di awal judul yang akan Anda tulis. Misalnya saja: ‘9 rahasia awet muda’, atau ’10 kiat cepat kaya’.
  6. Kemudian, judul yang akan banyak dibaca oleh pembaca adalah yang mengisahkan pengalaman nyata. Ini merupakan hal yang mengundang rasa penasaran pembaca, untuk mengetahui kisah tersebut. Misalnya: ‘Pengalaman saya mendapatkan istri cantik dan sholihah’, atau ‘Cara saya membuat kue lemper yang lezat tanpa ribet’.
  7. Judul yang akan mengundang kunjungan pembaca juga biasanya memiliki kata pertanyaan dan tanda tanya. Ini akan memancing rasa ingin tahu pembaca Anda. Misalnya: ‘Bagaimana membuat kue lemper yang lezat dan mudah?’, atau ‘Bagaimana cara mendapatkan istri yang sholihah dan cantik?’
  8. Lalu sebuah tips dan cara membuat judul yang sering memancing minat pembaca adalah yang aneh, kontroversi, menghebohkan, atau menunjukkan sebuah fakta yang di luar kebiasaan. Misalnya: ‘Seorang gay berhasil mendapatkan istri sholihah’, atau ‘Dilempar dahulu, agar kue lemper makin nikmat’.