Alat Tempur Untuk Membuat Sales Funnel

Masterkids SEO - Alat Tempur Untuk Membuat Sales Funnel, Beberapa hari yang lalu, saya sempat menuliskan tentang yang namanya funneling. Sebagai pengingat, funneling adalah metode yang dilakukan banyak affiliates ataupun pemilik usaha online lainnya untuk mendapatkan potensi profit paling maksimum dari setiap pengunjung websitenya.
Alat Tempur Sales Funnel
Untuk mulai bisa membangun funnel, kita memerlukan beberapa tools atau alat tempur yang bisa membantu kita. Karena sebagian besar dari kita bukanlah seorang programmer yang paham coding untuk mendesign web dan mendirikan funnel online, maka keberadaan tools funneling menjadi sangat penting untuk mempermudah upaya kita membangun sebuah funnel mulai dari yang paling sederhana sampai yang sangat kompleks.

Apa saja alat tempurnya? Berikut adalah 3 tools yang wajib kita miliki kalau kita ingin membangun funnel:

Sebuah website atau blog
Alat Tempur Untuk Membuat Sales Funnel
Website atau blog adalah entry point pengunjung untuk berkenalan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Oleh karenanya, memiliki web atau blog adalah sebuah kewajiban kalau kamu ingin membangun sebuah sales funnel.

Ada banyak platform dan cara untuk membangun sebuah web atau blog tapi khusus di sini, saya sangat menyarankan untuk menggunakan platform WordPress. Kenapa? Karena selain merupakan platform web builder atau blogging paling populer di dunia saat ini, WordPress juga memiliki ribuan plugin yang bisa menambah fungsionalitas web atau blog kita termasuk dalam hal funneling.

Panduan dasar untuk membangun web atau blog menggunakan WordPress bisa dibaca di sini sedangkan kalau ingin belajar teknik-teknik lanjutan penggunaan WordPress untuk membangun berbagai jenis web dan blog bisa diakses di sini.

Autoresponder
Alat Tempur Untuk Membuat Sales Funnel
Autoresponder adalah alat tempur yang juga tidak kalah pentingnya kalau kita ingin membangun sebuah sales funnel. Dengan autoresponder, kita bisa meminta data email pengunjung web atau blog kita secara etis dan setelah kita mendapatkan data-data tersebut, kita bisa membangun relationship dengan mengirimkan email follow up secara berkala kepada mereka untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Untuk membuat funnel yang profesional, maka wajib hukumnya kita menggunakan autoresponder berbayar karena autoresponder gratisan sering disisipi oleh iklan-iklan dari pihak lain dan sering didetect sebagai spam oleh provider-provider email besar sehingga email-email kita sering tidak sampai ke subscribers kita.

Autoresponder berbayar terdiri dari dua jenis yaitu yang berlangganan dan yang sekali beli di mana kita menghost sendiri script autoresponder di hostingan kita.

Untuk yang berlangganan ada GetResponse (layanan luar negeri) dan Profit Sender (buatan lokal).

Sedangkan untuk yang bisa diinstal di hostingan sendiri dan tanpa perlu bayar biaya berlangganan lagi ada Panduan Membangun Autoresponder dari DigiPro.

Landing Page Dengan Integrated Opt-in Form Builder

Alat Tempur Untuk Membuat Sales Funnel
Untuk membangun funnel yang baik, kita memerlukan landing page builder yang baik juga. Kesan pertama itu sangat penting jadi jangan sampai pengunjung web atau blog kita disodori halaman yang berantakan atau terlihat amatiran ketika mereka mendarat di landing page kita.

Elemen paling penting dari landing page adalah sebuah form opt-in yang terintegrasi dengan layanan autoresponder kita. Form opt-in adalah formulir di mana pengunjung kita bisa memasukkan data email mereka untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan.

Bagi pengguna WordPress, ada banyak themes atau plugin yang bisa digunakan untuk membangun landing page yang profesional dan juga memiliki integrasi form opt-in dengan layanan autoresponder.

Selain itu, sangat penting juga untuk memiliki landing page yang responsif. Artinya, mau diakses lewat PC, gadget ataupun tablet, tampilannya akan selalu terlihat baik dan tidak berantakan.

Itulah Alat Tempur Untuk Membuat Sales Funnel, semoga bisa memberikan wawasan bagi sobat semua.