5 Cara Jitu Merawat Baterai Laptop dan Notebook

Cara Merawat Baterai Laptop atau Notebook - Sama halnya seperti anda, barang – barang yang anda miliki juga memiliki umur atau usia atau juga masa pakai. Barang – barang yang kita miliki tentunya tidak akan selamanya selalu dapat anda gunakan, pasti aka nada saatnya barang – barang tersebut akan rusak dan tidak dapat di gunakan lagi.
Cara Merawat Baterai Laptop atau Notebook

Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang baterai Laptop atau notebook. Baterai Laptop pun memiliki batasan waktu kerja. Lama kelamaan baterai Laptop anda pun akan mengalami kerusakan dan harus segera di ganti. Untuk itu agar masa kerja atau umur baterai Laptop tersebut dapat lebih lama lagi, tentunya anda harus merawat baterai tersebut agar anda juga dapat menghemat pengeluaran anda. pada umumya baterai laptop dan notebook saat ini berjenis Lithium-ion battery.


Jangan biarkan Baterai Kosong
Membiarkan Baterai Laptop hingga keadaan kosong tanpa energy sedikit pun adalah salah satu faktor yang dapat mengurangi atau memperpendek umur dari Baterai Laptop tersebut. jika hal ini terjadi sekali atau dua kali saja tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar namun jika hal ini terlalu sering terjadi tentunya akn berakibat buruk pula terhadap kondisi baterai dari Laptop anda.

Biasakan untuk melakukan proses charging atau pengisian energy pada baterai sebelum baterai tersebut benar – benar dalam keadaan kosong.

Hindari Suhu yang Ekstream
Suhu panas juga dapat merusak dan mengurangi umur dari baterai Laptop anda. karena itu pastikan Lpatop anda mendapatkan sistem sirkulasi udara yang baik. Jangan pernah menaruh perangkat Laptop di atas bantal, atau permukaan yang tidak rata dan lembut. Selain itu biasakan untuk secara rutin membersihkan ventilasi pada perangkat Laptop anda dengan alat khusus yang dapat anda beli di Toko Komputer terdekat. Selain dapat merusak baterai suhu panas pun dapat merusak komponen – komponen lainnya jadi hal ini sangatlah penting untuk anda perhatikan.

Redupkan Layar Laptop
Perlu anda ketahui bahwa semakin terang layar perangkat Laptop Anda, maka akan semakin banyak energy dari baterai yang di konsumsi oleh perangkat Laptop tersebut. Jadi sebaiknya aturlah brightness layar laptop Anda ke posisi yang lebih redup, asal anda tetap dapat melihat gambar atau tampilan dengan nyaman.

Hindari Kerja multitasking
Usahakan untuk tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan perangkat Laptop. Tutup aplikasi yang memang tidak anda perlukan. Semakin banyak aplikasi yang di jalankan atau di buka maka akan semakin besar daya baterai yang di konsumsi juga.

Hindari Aktivitas Multimedia
Hindari aktivitas mendengarkan musik atau menonton video lewat DVD karena aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya Baterai Laptop. Jika anda memang ingin melakukan aktivitas multimedia seperti mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau pindahlkan video yang ingin anda tonton ke dalam hardisk laptop anda terlebih dahulu baru anda saksikan video tersebut.

Itu dia beberapa tips agar baterai Laptop anda lebih awet dan berumur panjang. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat dan menjadi sebuah referensi yang baik untuk anda dan orang – orang di sekitar anda.